Selasa, 20 Maret 2012

Pacaran beda agama part IV (Kristen n' Katolik)

Hi... pa kabar?
long time no see ya. hehe
bdw thanks to @keniaryne buat kripik pedasnya, haha but you were inspired me sis :)

by the way sebelumnya saya minta maaf untuk teman2 yang katolik karna ada beberapa kalangan kristen yang mnganggap kalian kristen yang salahlah dan sebagainya, saya banyak browsing di inet dan yah.... jujur spertinya geram juga sih liat ada orang-orang kristen yah masih merasa sok benner. mana lagi ada juga thread kristen vs katolik! emangnya mau berantem?!!

oya, setelah mikir panjaaaaaaaaaaaaaaangg tentang thread kelanjutan yang kemaren. yah akhirnya saya memutuskan untuk nge bahas tentang bagaimana kristen n katolik, kata orang" sih kristen dan katolik itu beda? makanya saya coba ngebahas tentang yang satu ini. oya perlu teman-teman ketahui saya ngak lagi ngebahas tentang perbedaan kristen dan katolik, postingan ini cuma tentang hubungan pacaran! okayy :)

first, yang perlu teman-teman ingat ialah Tuhan itu satu, yang membuat perbedaan hanyalah manusia!   kalo kata omtante Dorce kesempurnaan itu hanya milik Tuhan semata #dorceshowshow jadi maklumlah kalo banyak kekurangan dari masing" keyakinan *camkan itu baik-baik, hahaha*

kembali ke lap-top! kali ini ada pertanyaan tentang bagaimana kalo pacaran kristen dan katolik, boleh ngak yah? kalo masalah boleh apa ngak yah itu urusan kamu sama orang tua kamu tapi kalo bisa apa ngak itu yang jadi pertanyaannya, to the point aja kalo menurut saya sih bisa, hanya mungkin ada beberapa prinsip dasar yang perlu dipikirkan baik. ingat! pernikahan itu sekali seumur hidup dan apa yang di satukan oleh Tuhan tidak boleh diceraikan manusia. makanya harus ada penyatuan prinsip dan komitmen untuk menjalaninya bersama kalo tidak begitu pasti pernikahan bisa jadi neraka pertama! 

Loh, kog jadi bahas pernikahan?


ya emang! ujung-ujungnya juga pasti kalo serius pasti nikah
saya coba kasih contoh kecil bagaimana kalo pernikahan katolik dan kristen, coba bayangkan kamu merid (kristen dan katolik) dan punya anak. anak kamu nantinya mau ikut siapa hayoo? yang katolik ato kristennya? suatu saat kamu harus bahas hal ini bersama. pikirkan baik-baik, tanaman kalau dicabut kemudian di pindah-pindahkan pertumbuhannya akan terganggu begitu juga dengan manusia, kita perlu bertumbuh di satu gereja! emang sih gereja ngak menjamin pertumbuhan rohani yang menjamin pertumbuhan rohani kita adalah hubungan pribadi kita dengan Tuhan, tapi ingat gereja juga mengambil andil sebagai lingkungan tempat kita bertumbuh. 
"Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu,... (kolose 2 : 7)"
saya punya seorang teman cewek, papanya protestan dan mamanya katolik. kadang dia gerejanya di katolik kadang di protestan. saya beberapa kali menanyakan dia bagaimana dia dengan keluarganya dan jawabnya katanya begitu-begitu saja, kenyataannya sekarang mereka tinggal di rumah yang berbeda padahal masih 1 kota, i dont know why! yang jelas kalo melihat temanku ini rasa kasihan juga karna dia juga pengen bisa ke gereja sama-sama tapi karna hal yang seperti ini jadi tidak bisa. bukan cuma itu saya pernah tanya ke dia, berapa kali pacaran? jawabannya "tidak terhitung!!" wow, amazing. hmm, mungkin ini bisa jadi salah satu contoh apabila pernikahan ada prinsip-prinsip yang belum benar-benar dibicarakan bersama, yah intinya kamu tidak bisa menggunakan 2 corong bersamaan!

kamu ikut saya ato saya ikut kamu? 
mungkin pertanyaan diatas buat kamu adalah satu solusi, tapi kalo menurut saya itu bukan solusi! lah? kog bisa? bukannya lebih bagus kalo salah satunya mengalah? kan akhirnya jadi sama juga? Toh kita tetap ikut Tuhan yang sama? iyah, emang sama tapi salah satunya harus mulai dari nol lagi tetapi bukan dari nol lagi persoalannya. baca baik-baik ayat ini.
"Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku (wahyu 3 : 15-16)"
Tuhan gak suka kalo kita ngak konsisten dengan apa yang kita pegang! nah loh, trus gimana donk solusinya? bagi yang emang udah kecantol "*fall in love" dengan protestan ato dengan katolik saya sarankan, belajar untuk berkomitmen dan konsisten punya relasi yang baik dengan Tuhan.
"Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri"
love each other as you love yourself, God Bless

next part V :D


Comments
7 Comments

7 komentar:

  1. Dahulunya tuh Kristen Protestan & kristen Katolik tuh satu, dalam ikatan yang disebut Nasrani. Mereka sahabatan suka hang-out bareng,makan bareng,tidurpun bareng sampe-sampe sempat dikira HOMO. sampai suatu ketika si Katolik netapin aturan (Katolik netapin aturan coz Katolik gayanya lebih jantan dan sok pemimpin)kalo yang jadi pemimpin kaum Nasrani tuh, PAUS nah si protestan gak terima dia protes dan akhirnya persahabatan yang indah itupun hancur di karenakan Katolik yang egois

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niie orang asal bacot ga jelas... dulu emang cuma ada kristen katolik, kristen protestan baru aja diusut oleh marten luther... kristen protestan muncul stlah martin luther brsuara dn protes atas beberapa hal yg dipercayai oleh umat katolik ... itu cuma beda pendapat dan cara berpikir... bukan karna katolik egois

      Jangan memfitnah agama orang

      #sayaprotestan

      Hapus
  2. kristen dan katolik itu serupa tapi tak sama. Memang mungkin di awal terlihat indah dengan perbedaan yang tidak begitu jauh, masih tetep bisa ke gereja bareng gantian kadang ikut ke gereja pacar katolik, kadang ke gereja kristen.
    Tapi percaya deh, kalau status agama itu mulai dipertanyakan mau ikut siapa, nah disitu letak dilema yang paling susah dijawab.
    Mendingan dari awal jangan main2 sama urusan begini, yakin aja TUHAN TIDAK AKAN MEMBERIKAN ORANG YANG DIKASIHI-NYA KEPADA ORANG YANG TIDAK MENCINTAI-NYA....
    So, jangan biarkan diri galau buat ambil keputusan sulit di kemudian hari.

    GBU ALL... :)

    BalasHapus
  3. Kalo ditanya kamu mau ikut saya atau saya ikut kamu? Gue akan jawab saya mau ikut YESUS sampai slama-lamanya.

    BalasHapus
  4. Kak bagaimana dengan yang sama" kristen tapi beda gereja yang pasti beda cara ibadah juga misalnya GKJ dengan Pentakosta?? Mohon sarannya kk

    BalasHapus
  5. Katolik itu Kristen, mungkin ini yang perlu menjadi perhatian.. Anda seharusnya menulis Kristen Katolik atau Kristen Protestan, itu baru benar

    BalasHapus
  6. Apakah berdosa jika protestan menikah atau berpacaran dengan katolik.jawabnya menurut rohani aja ya?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...